Soal Ekonomi Manajerial Brawijaya (UAS)

Dosen : Dr. H. Djasly By., SE, MS
Waktu : 90 menit
Sifat    : Close Book


  1. Seorang produsen dalam menghasilkan suatu produk dapat menggunakan dua macam faktor produksi sebagai input, yaitu faktor produksi tetap (Fixed Input) dan faktor produksi berubah (Variable Input)
    a. Bagaimana seorang produsen untuk mendapatkan hasil yang optimal baik dalam jangka 
        pendek maupun jangka panjang. Jelaskan dengan menggunakan grafik.
    b. Jelaskan kapan suatu perusahaan dikatakan berada dalam keadaan increasing, constant, dan 
        decreasing retur to scole. Lengkapi dengan grafik.
  2. Satu perusahaan yang menggunakan Kapital (K) dan Tenaga Kerja (L) untuk memproduksi outputnya mempunyai fungsi produksi
    Q = 4K1/2 L1./2 Upah Tenaga Kerja (W) = 4 Sewa Kapital (r) = 4  Q = W-L + R. K
    a) Tentukanlah kombinasi L dan K yang paling efisien untuk menghasilkan 16 unit output
    b) Berapa besarnya Biaya Total (TC) = 2Q
    c)Bila diketahui permintaan industri dari produk perusahaan adalah P=  100 - Q. Berapa harga
       yang harus ditetapkan perusahaan ?
    d) Keputusan pa yang sebaiknya dilakukan oleh perusahaan untuk produk baru. Jelaskan
        masing-masingnya!
  3. Dalam pengambilan keputusan harga ada beberapa model yang dapat digunakan oleh suatu perusahaan
    a. Jelaskan model-model penetapan harga yang dapat digunakan pada struktur pasar persaingan
        sempurna, monopolistic dan oligopoli
    b. Menurut saudara penetapan harga mana yang dianggap baik digunakan oleh perusahaan
        dalam menghadapi pasar global. Jelaskan
    c. Jelaskan pula kebaikan dan kelemahan dari masing-masing penetapan harga tersebut.
  4. Dalam usaha menghadapi persaingan ada beberapa strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan terutama menghadapi pasar global.
    a. Jelaskanlah strategi-strategi tersebut
    b.Menurut saudara strategi apa yang paling baik digunakan oleh perusahaan di Indonesia.
       Jelaskan alasannya
    c. Bagaimana desain produk untuk menghadapi strategi persaingan tersebut. Jelaskan masing-
        masingnya
  5. Salah satu cara untuk meningkatkan volume penjualan adalah dengan menggunakan strategi promosi.
    a. Langkah apa saja yang harus dilakukan dalam pengambilan keputusan promosi. Jelaskan
        masing-masingnya
    b. Jelaskan bagaimana membuat promosi supaya efektif.
    c. Bagaimana mengukur efektifitas promosi dalam keadaan ketidakpastian. Jelaskan.
  6.  Ada 2 macam system penjualan tender yang dapat dilakukan untuk memenangkan tender bagi suatu perusahaan. Jelaskan masing-masing
    a) Jelaskan apa kebaikan dan kelemahan dari masing-masing
    b) Cara apa yang dapat dilakukan untuk memenangkan tender bagi suatu perusahaan. Jelaskan
        masing-masing
  7. Apa yang dimaksud dengan
    1. MRTS (Marginal Rate of Technical Substitution)
    2. Floar dan Ceiling Price
    3. Price Maker's
    4. Panetration Price Palicy
    5. Normal Profit
    6. Expected Present Value Contribution
       Jelaskan dnegan contoh atau gambar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Manajemen Pemasaran Internasional Brawijaya (UTS)

Soal Manajemen Resiko Brawijaya (UAS)

Soal Bahasa Indonesia Brawijaya (UAS)