Soal Operation Research Brawijaya (UTS)
Waktu : 120 menit
Sifat : Closed Book
Sifat : Closed Book
- PT. Kayu Jaya adalah perusahaan pembuat produk furniture untuk memenuhi pasar dalam negeri. Produk yang dihasilkan merupakan produk berkualitas tinggi dengan segmen middle-up. Harga jual per unit untuk kursi adalah Rp 250.000,- sedangkan untuk meja adalah sebesar Rp 500.000,-. Dari hasil perhitungan perusahaan diperoleh biaya produksi total per unit untuk kursi adalah sebesar Rp 190.000,- dan untuk meja adalah sebesar Rp 420.000,-. Untuk memproduksi kedua produk tersebut harus melalui dua departemen, yakni departemen perakitan dan penghalusan. Perusahaan hanya mempunyai waktu selama 60 jam untuk departemen perakitan dan 48 jam untuk departemen penghalusan. Untuk membuat setiap unit meja dibutuhkan 4 jam di departemen perakitan dan 2 jam di departemen penghalusan. Sedangkan untuk membuat 1 unit kursi dibutuhkan 2 jam di apartemen perakitan dan 4 jam di departemen penghalusan. Tentukan besar laba maksimumnya !
- McNaughton Inc memproduksi dua jenis saus steak yaitu Spicy Diablo dan Red Baron. Kedua jenis saus ini dibuat dengan pencampuran dari 2 bahan utama yaitu A dan B. Bahan A tersedia 120 quart dan bahan B tersedia 90 quart. Berikut ini adalah tabel alokasi bahan:
Saus Bahan A Bahan B Profit per Produk
Spicy Diablo 1 1 20
Red Baron 2 1 10
Tentukan berapakah profit maksimum dari masalah diatas dengan menggunakan metode simplex ! - Perusahaan PT Selfie memiliki tiga buah pabrik di Jakarta, Bekasi dan Tangerang. Kapasitas masing-masing pabrik 2.400 (Jakarta), 1.600 (Bekasi), dan 1.600 unit (Tangerang). Perusahaan juga memiliki daerah pemasaran di Cirebon, Bandung, dan Sukabumi dengan permintaan masing-masing 3.000 (Cirebon), 1.400 (Bandung), dan 1.200 unit (Sukabumi). Biaya angkut per unit dari pabrik ke daerah pemasaran yaitu :
Pabrik Pemasaran BiayaJakarta Cirebon 16.000
Bandung 10.000
Sukabumi 12.000
Bekasi Cirebon 30.000
Bandung 20.000
Sukabumi 24.000
Tangerang Cirebon 6.000
Bandung 18.000
Sukabumi 20.000
Tentukan alokasi produk dari pabrik ke daerah pemasaran dengan menggunakan metode NWCR, LC, dan VAM serta tentukan berapa biaya transportasinya!Selamat Mengerjakan
Jawabannya mana
BalasHapus