Soal Manajemen Investasi dan Derivatif Brawijaya (UAS)

Dosen : Dr. Siti Aisjah, SE, MS
Waktu/Tipe Ujian : 90 menit / Close Book


  1. Seorang manajer memiliki portofolio saham senilai $ 1 juta dengan beta 1,25. Ia ingin melakukan lindung nilai terhadap risiko portofolio menggunakan kontrak berjangka indeks saham S&P 500. Berapa nilai dolar indeks yang harus ia jual di pasar berjangka untuk mengurangi  volatilitas posisinya ?
  2. Nilai indeks S&P 500 saat ini adalah 1000. Jika indeks turun ke level 975 artinya terjadi penurunan sebesar 2,5%. Beta portofolio ditetapkan sebesar 0,8 dan modal yang saudara miliki sebesar $30 juta. Berdasarkan penurunan nilai indeks, hitunglah besarnya kehilangan modal baik dalam persen dan dollar.
  3. Apakah pernyataan ini benar atau salah? Mengapa?
    a. Segala sesuatunya sama, harga berjangka pada indeks saham dengan imbal hasil dividen tinggi seharusnya lebih tinggi dari harga berjangka pada indeks dengan imbal dividen rendah.
    b. Segala sesuatunya sama, harga berjangka pada indeks saham dengan beta tinggi seharusnya lebih tinggi dari harga berjangka pada indeks beta rendah.
  4. Anggaplah bahwa, setelah mengadakan analisis harga saham di masa lalu, Anda hadir dengan pengamatan sebagai berikut, Tunjukkan pernyataan dibawah yang merupakan cara aktif untuk memperoleh return yang tingggj secara abnormal jika pasar modal bentuk efisiensi semi kuat.
    a. Membeli saham dengan P/E rendah
    b. Membeli saham dengan perubahan harga diatas rata-rata
    c. Membeli saham dengan perubahan harga dibawah rata-rata
    d. Membeli saham perusahaan yang sesuai dengan prediksi Anda bahwa di masa yang akan datang perusahaan akan melakukan penataan manajemen baru yang lebih baik.
  5. Asumsikan bahwa suku bunga bebas risiko adalah 6% dan perkiraan tingkat imbal hasil pasar (Rm) adalah 16%.
    a. Saham X terjual $75 hari ini. Saham X membayar dividen sebesar $6 per saham pada akhir tahun. Beta = 1,2. Apakah investor berpikir untuk menjual sahamnya pada akhir tahun?
    b. Saham Y memiliki perkiraan tingkat imbal hasil (Ry) 5%. Berapa beta saham Y ?
  6. Jelaskan apakah yang perlu dipertimbangkan oleh seorang dalam memutuskan investasi di pasar modal? Jelaskan peluang investasi di pasar modal Indonesia atau Bursa Efek Indonesia tahun 2016.

Selamat Bekerja dan Sukses


<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2744787297576638"
     crossorigin="anonymous"></script>

Komentar

  1. Ini soal utskyknya gan.. ada soal UAS nya kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo gan.. maaf ya baru balas. Itu soal UAS nya kok kalau di aku

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Manajemen Pemasaran Internasional Brawijaya (UTS)

Soal Manajemen Resiko Brawijaya (UAS)

Soal Bahasa Indonesia Brawijaya (UAS)